Pertemuan ke-42 Menlu ASEAN : AS Aksesi Traktat Persahabatan dan Kerjasama ASEAN

Jumat, 24/07/2009 06:40 WIB
Phuket - AS telah mengaksesi (ikut menyetujui, red) Treaty of Amity and Cooperation/TAC (Traktat Persahabatan dan Kerjasama ASEAN). Aksesi AS atas TAC ini merupakan upaya untuk menjalin hubungan yang lebih kuat dengan ASEAN.

"Terutama dalam kerangka peningkatan kerjasama di berbagai bidang melalui pembangunan rasa percaya satu sama lain," tutur Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Djauhari Oratmangun saat dikontak detikcom, Kamis malam atau Jumat (24/7/2009).

Aksesi AS atas traktat tersebut berlangsung pada 21/7/2009 dalam rangkaian Pertemuan ke-42 Menteri Luar Negeri ASEAN di Phuket, Thailand, dengan para Menteri Luar Negeri Mitra Dialog ASEAN yakni Cina, Jepang, Republik Korea, Rusia, Uni Eropa, India, Australia, Selandia Baru, dan Kanada.

Penandatanganan instrumen perluasan traktat itu dilakukan oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton dan disaksikan oleh seluruh Menteri Luar Negeri ASEAN.

"Bagi ASEAN, aksesi AS pada TAC ini semakin memperkuat dukungan terhadap upaya mempromosikan perdamaian, persahabatan langgeng dan peningkatan kerjasama di kawasan Asia Tenggara, guna menciptakan Masyarakat ASEAN di 2015," demikian Djauhari.
(Dikutip dari : Eddi Santosa - detikNews.com)

0 komentar:

Posting Komentar