FIA Serius Selidiki Insiden Surtees-Massa

Selasa, 28/07/2009 06:30 WIB
Hungaroring - Kurang dari sepekan, dua kecelakaan hebat terjadi di seri balap dunia dan meminta satu korban jiwa. Tak mau ada korba lain jatuh, FIA menyatakan keseriusannya menyelidiki dua insiden tersebut.

Henry Surtees tewas menyusul insiden yang terjadi saat dia berlaga di balapan GP2 pekan lalu. Di Sirkuit Brands Hatch, kepala remaja 18 tahun itu dihantam ban mobil rivalnya, Jack Clarke, yang terlepas saat melaju di tengah lintasan.

Kurang dari sepekan, kejadian nyaris serupa terjadi di ajang F1 dengan Felipe Masaa jadi korbannya. Meski tak sampai tewas, Massa mengalami retak tulang tengkorak setelah sebuah per berukuran besar terlepas dari mobil Brawn GP dan menghantam sisi kiri helmnya. Akibatnya, pembalap Ferrari itu sempat mengalami koma.

Menyusul dua kejadian tragis tersebut, FIA menyatakan akan meminta laporan dari Komisi Keselamatan untuk mengetahui apakah ada kemungkinan dilakukan peningkatan jaminan keselamatan terhadap pembalap demi menghindari kejadian serupa.

Sementara dari penyelidikan awal yang sudah dilakukan, disebutkan kalau helm telah menjadi penyelamat nyawa Massa dalam insiden yang terjadi pada sesi kualifikasi GP Hongaria itu.

"Presiden FIA Max Mosley telah menanyakan pada Komisi Keselamatan FIA untuk menyiapkan laporan atas serangkaian serpihan yang melibatkan kecelakaan di F1 dan F2," demikian pernyataan resmi FIA seperti diberitakan Crash.

"Penyelidikan awal menemukan kalau helm yang digunakan Massa telah memainkan peran yang sangat penting untuk menghindarkan cedera yang lebih parah. Helm 8860 FIA, yang membutuhkan waktu delapan tahun pengembangan oleh FIA dan FIA Institute, memberikan perlindungan terhadap seluruh benturan yang mungkin terjadi di banyak bagian (kepala)," lanjut pernyataan tersebut.

Pembalap F1 terakhir yang tewas di atas lintasan adalah Ayrton Senna. Driver yang secara kebetulan juga berasal dari Brasil itu meninggal dunia di GP San Marino tahun 1994 silam.
(Dikutip dari : Doni Wahyudi - detiksport.com)

1 Comentário:

Ser Artan mengatakan...

salam

http://serartan.blogspot.com
http://serartan.co.cc
http://www.youtube.com/serartan1000



http://serartan.blogspot.com/2009/06/moses-bandwidth-on-best-album.html

Posting Komentar